Blog Cendekia

Cara Mendidik Anak Agar Sholeh

Memiliki anak yang sholeh merupakan sebuah cita-cita yang diidamkan setiap pasangan suami istri di dunia ini. Bahagianya mempunyai anak yang sholeh sehingga berbudi pekerti yang baik, menghormati orang tua membuat kita semua bangga kepadanya. Tugas dalam mendidik anak agar sholeh adalah tugas kedua pasangan suami istri bukan cuma tugas istri saja sehingga keduanya bahu membahu membentuknya. Banyak orang tua yang mengharapkan terlalu besar kepada sekolah sehingga sampai kita tak mengajarkan budi pekerti di rumah, padahal kehidupan di rumah lebih panjang dibandingkan sekolah.

Di sekolah memang juga diajarkan tentang menjadi anak sholeh tetapi porsinya sangat kecil kebanyakan tentang ajaran akademik. ALLAH SWT memberikan keutamaan dalam hal mendidik anak berupa balasan pahala amal jariyah bagi orang tua yang mampu dengan baik dalam menghasilkan anak yang sholeh sehingga saat kita meninggal doanya akan menghatarkan kita ke pintu surga. Ada beberapa tips mudah cara mendidik anak agar sholeh antara lain :

1. Ajarkan kalimat tauhid

Seorang anak wajib anda bekali dengan keimanan yang kuat salah satunya mengajarkan kepada anak kalimat tauhid. Dengan melafalkan kalimat tauhid tersebut maka anak akan memiliki keimanan yang kuat dan hanya menyembah kepada ALLAH SWT saja. Selain itu anda juga bisa mengajarkan keyakinan bahwa dunia ini diciptakan olehNya sehingga anak akan merasa harus beribadah kepadanya karena sudah diciptakan di muka bumi. Anda juga bisa mengajarkan kepada anak bahwa ALLAH selalu melihat perilaku anak sehingga anak merasa diawasi olehnya sehingga dalam bertindak selalu benar. Point pertama cara mendidik anak agar sholeh ajarkan kalimat tauhid dan ketakutan kepada ALLAH.

2. Beribadah adalah kewajiban

Ajarkan kepada anak anda untuk selalu beribadah kepadaNya sehingga menjadi kebiasaan bagi anak untuk beribadah kepada ALLAH. Agar akidah anak tertanam kuat di sanubarinya sirami dengan air ibadah sehingga akan tumbuh kokoh tahan diterjang banjir. Rasululah bersabda “tidaklah anak tumbuh dalam ibadah sampai menjemput dirinya, melainkan ALLAH akan memberi dia pahala setara dengan pahala orang yang jujur”. Anda bisa mengajarkan anak anda sholat lima waktu, puasa ramadhan dan ibadah sunah lainnya.

Artikel Terkait :  Lengkap, Ini Materi Pendidikan Di TK Anak Cendekia

Anda harus praktek jugam jangan hanya mengajarkan dengan lisan tetapi tidak praktek. Agar lebih mudah selalu ajak anak untuk sholat di masjid sehingga apabila menjadi kebiasaan maka tidak sholat dimasjid akan terasa ada yang kurang bagi anak. Untuk puasa ramadhan ajarkan untuk melakukannya walaupun tidak full sebagai pembelajaran mungkin dikemudian hari beranjak dewasa akan full secara sendirinya.

3. Isi pendidikan akhlak dan adab

Akhlak adalah suatu karakter yang dibentuk sedemikian rupa hingga menempel kepada anak seumur hidupnya. Dalam pembentukan karakter akhlak yang sholeh maka anda harus bisa memberikan contoh yang benar kepada anak anda. Menjadi sosok yang penuh otoritas sehingga anak akan mencontoh orang tuanya yang berwibawa yang menjadi tokoh otoritasnya. Misal anda mencontohkan karakter amanah maka anda dalam keseharian harus menepati janji sehingga akan di contoh oleh anak anda.

Pada malam minggu anda berjanji kepada anak anda untuk menonton film kesukaannya di bioskop tetapi anda masih kerja maka ijinlah kerja dan temani anak anda dalam menonton bioskop ini merupakan pelajaran terbaik untuk anak masalah akhlak amanah. Bila anak sudah mencontoh anda dan anda tokoh yang baik maka anak anda juga akan baik seperti orang tuanya.