Blog Cendekia

Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun Secara Efektif

Mempunyai seorang buah hati merupakan suatu keinginan setiap insan sehingga menghasilkan keluarga kecil yang lengkap. Ada beberapa pasangan suami istri yang belum mempunyai rejeki sehingga belum dikaruniai anak. Anak ibarat garam pada sayuran yang akan melengkapi keluarga kita. Suara bayi yang menangis, kata-kata lucu yang digelontorkan dan senyum manja selalu menemani keseharian kita.

Dibalik kelucuan dan keluguan anak usia 1 tahun, kita juga harus tahu cara mendidiknya agar menjadi remaja yang baik. Remaja yang baik yaitu berbakti kepada orang tua, masyarakat, bangsa dan negara. Dalam mendidik anak usia 1 tahun ada suatu cara khusus sehingga harus kita simak baik-baik sehingga bermanfaat untuk masa depan anak, simak ya.

Usia 1 tahun merupakan usia emas anak dikarenakan tumbuh kembangnya sangat optimal dalam rentang usia segitu. Ketika berusia satu tahun bayi 1 tahun sudah belajar berbicara dan ada juga yang sudah berjalan. Pada usia 1 tahun ingatan bayi akan sangat optimal sehingga anda harus mencekoki dengan hal-hal yang baik agar tertanam perilaku yang baik saat beranjak dewasa. Pada usia 1 tahun anda harus berhati-hati dalam menjaga anak agar perkataan yang didengarkan dan perilaku yang dilihat tidak yang buruk yang akan mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Ciri anak usia 1 tahun adalah keingintahuannya yang sangat besar dan perilaku mencoba hal baru yang nekat. Keingintahuannya yang besar tergambar dari pertanyaan yang digelontorkan saat bercengkrama dengan kita kesehariannya. Yang paling berbahaya yaitu kenekatannya dalam melakukan sesuatu sehingga kita harus menjaganya sepanjang hari full. Ada beberapa cara mendidik anak usia 1 tahun sehingga menghasilkan anak yang hebat seperti :

1. Ajak anak lebih berbicara

Anak usia satu tahun sedang giat-giatnya dalam berbicara. Anak usia 1 tahun akan mudah menirukan kata-kata yang tergelontorkan dari ucapan kita sehingga kalau berkata yang baik-baik saja. Cara mendidik anak usia 1 tahun dengan cara mengajarkan anak untuk giat berbicara dengan baik. Pada usia 1 tahun anak akan mudah menyerap kata untuk memori jangka panjangnya sehingga para orang tua wajib untuk menjejali berbagai kata kepada anak.

Artikel Terkait :  Playgroup Unggulan Di Yogyakarta Terbaik Dan Terpercaya

Ajari anak anda kata-kata yang mudah dulu misal papa, mama, makan, minum secara perlahan anda ajarkan sehingga pembendaharaan katanya lebih kaya saat beranjak balita. Alangkah lebih baik lagi dan mengena pada memori panjangnya anda bisa mengajarkan anak anda dengan buku bergambar sehingga lebih menarik antusiasme anak dalam belajar berkata-kata.

2. Ajarkan anak bernyanyi dan bergerak

Cara mendidik anak usia 1 tahun selanjutnya adalah dengan mengajarinya untuk bersenandung dan bergerak sesuai irama. Anda tidak perlu mengajarkan bernyanyi lagu-lagu populer, cukup lagu anak-anak yang mudah saja. Dengan mengajarkan bernyanyi dan bergerak anda sedang mengaktifkan otak kanan sang anak sehingga lebih berkembang lagi. Pilih lagu yang mudah dan gerakan yang santai sehingga anak menikmati prosesnya.

3. Lakukan hal baik di depannya

Ini penting untuk dilakukan seorang orang tua dikarenakan orang tua adalah role model pertama anak dalam hidupnya. Selalu berbuat kebajikan di depannya seperti berkata halus, membantu sesama, merawat tumbuhan dengan baik dan lain sebagainya. Dengan anda berbuat baik maka anak anda yang berusia 1 tahun akan menirukan segala aktifitas anda sehingga tumbuh kembangnya menjadi anak yang baik