Blog Cendekia

Cara Mendidik Anak Zaman Now

Memiliki seorang anak adalah suatu titipan bagi setiap insan supaya bisa menuntunnya ke jalan yang benar itulah tugas kita sebagai orang tua. Tak jarang pada zaman now banyak terjadi penyimpangan sopan santun di kalangan anak muda dikarenakan kurangnya didikan orang tua kepada anak-anaknya. Para orang tua sedang sibuk mengurus pekerjaannya dengan harapan mampu menyekolahkan anak mereka ke jenjang yang lebih tinggi lagi sampai mengorbankan waktu dan usaha sehingga tidak sempat untuk mendidik anak lagi.

Kita juga tahu dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat anak fokus pada gadgetya sehingga urusan lainnya menjadi terbengkalai. Dikarenakan fokus pada pencitraan yang berlebih pada sosial medianya membuat anak selalu ingin terlihat hebat di media sosialnya berdampak pada tidak punya jati diri, cenderung untuk meniru orang-orang terkenal di sosial media. Banyak anak muda yang tidak dididik secara komprehensif sehingga tidak mempunyai jati diri cenderung ikut-ikutan. Hal ini baik bila role modelnya adalah orang sukses, bahayanya bila role modelnya pecandu narkoba, main judi, konsumsi ganja sangat buruk efeknya. Ini ada beberapa cara dalam mendidik anak zaman now, pas dengan jaman sekarang simak ya.

Ada beberapa cara dalam mendidik anak zaman now yang jelas berbeda dengan jaman terdahulu. Anak zaman now memiliki cara pandang yang berbeda dengan generasi old. Ada beberapa cara mendidik anak zaman now seperti :

1.Beri kebebasan dalam memilih dan arahkan

Anak zaman now sangat aware terhadap kebebasan dalam bertingkah laku. Kebebasan merupakan keunggulan tetapi harus dijaga dengan baik supaya kebebasan tersebut tidak keblablasan. Ketika anak memutuskan pendapatnya terhadap sesuatu misal terhadap jurusan di kampus yang dipilihnya anda bisa menanyakan alasannya, bila alasannya logis dan bisa diterima iyakan saja. Bila anak anda pandangan anda maka anda harus mengajaknya untuk mengikuti pandangan anda, jangan memaksa tetapi dengan diplomasi yang halus.

Artikel Terkait :  Cara Mendidik Anak Menurut Islam Supaya Sukses Dunia Akhirat

2. Mengerti kebutuhan anak zaman now

Anak pada zaman sekarang memiliki kebutuhan yang berbeda dengan anak zaman dulu. Tak ayal banyak dijumpai peringai anak yang keseringan bermain game bahkan 20 jam hanya untuk bermain game dirumah. Anda tidak perlu melarang dikarenakan di game ego mereka terangkat sehingga kecenderungan bermain game sanagt tinggi. Anda hanya perlu memberikan pujian dan support supaya menjadi gamer terkenal. Menjadi gamer terkenal layaknya jess noolimit dan lain sebagainya sehingga bisa menghasilkan pundi-pundi uang saku untuknya.

3. Beri perhatian dan pujian tulus

Anak memerlukan perhatian dan pujian yang tulus supaya leibih antusias dalam melakukan kesukaannya. Bila anak bisa bermain game dengan level yang tinggi dukung dan beri perhatian serta pujian bisa lebih baik lagi dikemudian hari. Anda perhatian tetapi juga harus memberikan batasan kepada anak dalam beraktifitas supaya tidak berlebihan. Pujian wajib anda gelontorkan kepada anak supaya anak melakukan perbuatan yang baik menjadi terbiasa lagi, beri pujian bila berbuat baik kepada orang lain.

4. Ajarkan akhlak yang baik

Di era zaman now yang bergentayangan informasi yang negatif dan konten-konten berbahaya harus diberi tembok super tebal terhadap efek negatif tersebut dengan memberi pondasi akhlak yang baik. Beri pelajaran pada anak anda untuk bersifat jujur, berbakti kepada orang tua, menolong sesama. Dengan anda memberikan pelajaran akhlak yang baik akan menjadi tembok dari pengaruh negatif zaman now.