Blog Cendekia

Cara Bijak Mendidik Anak Usia 3 Tahun

Cara Bijak Mendidik Anak – Memiliki buah hati merupakan sebuah karunia dari ALLOH dikarenakan banyak pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan. Anak ibarat garam dalam sayuran yang akan menambah semarak dan keceriaan rumah kita. Memiliki anak di China sudah dibatasi berbeda dengan indonesia, di china yang terlalu banyak penduduknya hampir 2 milyar hanya diperbolehkan memiliki anak minimal 1 saja sobat jadi bersyukurlah bila di indonesia tidak ada larangan tersebut.

Lain halnya dengan di jepang yang budaya kapitalismenya sangat tinggi bahkan dalam pertumbuhan penduduknya disebut berkurang drastis mencapai pertumbuhan penduduk paling rendah sepanjang masa dikarenakan tuntutan pekerjaan yang menggerogoti layaknya penyakit kanker. Memiliki anak kecil rentang usia 2-3 tahun ada beberapa cara bijak dalam mendidiknya, ini adalah perpaduan antara agama dan psikologi sehingga cara ini paket komplit silahkan di simak.

Cara mendidik anak usia 3 tahun sangat berbeda saat kita mendidik anak usia 7 tahun ke atas. Cara mendidik anak usia 3 tahun perlu cara khusus dalam mendidiknya sebagai pondasi dasar karakter anak. Ada berbagai cara dalam mendidik anak usia 3 tahun diantaranya :

1. Kenalkan pelajaran agama sedini mungkin

Maksudnya bukan kita ajarkan pada anak tentang cara shalat dan wudhu tetapi pelajaran agama paling dasar yaitu pelajaran mengingat sang pencipta sobat. Ajarkan anak sobat untuk melafalkan kalimat tauhid “Lailahaillaloh” dengan perlahan jangan memaksa sobat. Dengan pengenalan kalimat tersebut menjadi bekal dasar dalam pengenalan pelajaran agama lainnya.

2. Ajari dengan tindakan bukan hanya omongan

Bila sobat menanamkan pelajaran agama dari kecil maka akan tertanam dengan kuat sehingga akar serabut menjadi akar tunggang sehingga bisa menjadi kebiasaan anak sobat. Bila sobat ingin mengajarkan pelajaran sholat maka harus dengan tindakan yaitu sobat sholat harus selalu tepat waktu sehingga anak lebih percaya dengan ajaran sobat. Sobat bisa setiap shalat magrib selalu mengajak ke masjid supaya anak terbiasa dan menyukai masjid sebagai tempat menyembah ALLOH.

Artikel Terkait :  Bingung Didik Anak di Era Millenials? Kamu Bisa Coba Cara Ini

3. Ajarkan etika yang baik

Ini penting supaya memorinya yang penuh imajinasi mampu mengimajinasikan bahwa berperilaku baik itu sebuah keharusan. Dengan mengajarkan etika yang baik misal kalau makan harus pakai tangan kanan supaya berkah maka akan selalu diingat sepanjang masa bila cara mengajarkannya dengan benar misal dengan cerita. Walaupun masih kecil masih 3 tahun cara mendidik dengan mengajarkan dengan etika sudah benar.

4. Pendidikan moral yang mengena

Ajarkan anak sobat supaya memiliki moral yang bagus misal indahnya berbagi dengan sesama, menabung, berbuat baik kepada makluk hidup. Dengan mengajarkan perilaku seperti itu maka anak anda semakin berajak dewasa akan memiliki perilaku yang baik dan bermanfaat bagi sesama. Cara mendidik anak 3 tahun dengan memberi contoh bahwa sobat juga moralnya baik seperti membantu orang lain, misal mencintai hewan maka anak sobat akan menjadikan anda sebagai role model yang bagus.

5. Lemah lembut kepada anak

Anak ibarat kertas kosong yang kita bisa menggambar apapun sesuka kita agar menjadi suatu gambar yang baik. Sobat tidak perlu membentak bila anak salah, cukup dengan berkata lembut sehingga anak sobat tidak trauma dan takut kepada sobat. Anak maklum lah bila melakukan berbagai kesalahan, maklumi saja dan tuntun dengan santun dalam mengarahkannya.