Blog Cendekia

Cara Mendidik Anak Menurut Al Quran

Mempunyai seorang anak adalah amanat yang diberikan ALLAH Swt kepada kita sehingga kita harus menjaga dan mendidiknya dengan baik. Ada banyak pasangan suami istri yang kesulitan mempunyai anak sehingga kita yang dikaruniai anak harus bersyukur kepadaNya. Tidak ada anak yang baik dan anak yang nakal yang ada hanyalah orang tua yang mendidik anak tersebut, apakah orang tua tersebut mendidik anak dengan baik atau tidak.

Tetapi ada juga kisah dua orang anak yang mempunyai ayah yang sama, ayah yang tukang judi, minum dan hal buruk lainnya tetapi memiliki dua anak yang berbeda kepribadian dan karakternya. Ada anak satu mampu mempunyai keluarga kecil, bahagia dan karirnya cemerlang sebaliknya anak yang satunya memiliki kepribadian sama persis dengan ayahnya suka mabuk, main judi. Apa yang membedakan natara keduanya adalah cara mendidiknya dan keyakinannya. Anak yang baik cenderung memiliki didikan yang baik sesuai dengan ajaran Al quran sehingga akidah dan akhlaknya cenderung baik juga. Disini akan diterangkan cara mendidik anak menurut Al quran, simak ya.

Dalam surat dalam Al quran surat Luqman ayat 12-19 menerangkan banyak hal dalam mendidik anak dengan baik. Cerita tentang keluarga luqman dalam menasehati anak sehingga menghasilkan anak yang berbakti.

1. Jangan mempersekutukan ALLAH

Pelajaran pertama untuk anaknya luqman berbicara mempertebal keimanan kepada ALLAH SWT sang penguasa jagad raya. Anak memang harus dibekali keimanan yang kuat supaya dikemudian hari tidak terjerumus paham yang negatif. Anda bisa mengajarkan anak anda dengan melafalkan kalimat tauhid “LAILAHAILLALAH” saat beranjak ke kamar tidur sehingga lebih menancap di pikiran bawah sadarnya. Pelajaran menanamkan keimanan kepada anak merupakan hal penting sebagai pondasi agama islam.

Artikel Terkait :  Cara Mendidik Anak Menurut Islam Supaya Sukses Dunia Akhirat

Ajarkan nama-nama baik ALLAH. Ciptaan-ciptaanNya dan keajaiban buatannya. Anda bisa berwisata di gunung sehingga anak anda akan menikmati salah satu ciptaan maha besarNya yaitu gunung yang menjulang tinggi. Selalu ajarkan kalimat tauhid dan kebesaranNya kepada anak di waktu masih kecil.

2. Berbuat baik kepada kedua orang tua

Pelajaran kedua dari surat luqman yang berisi panduan mendidik anak yaitu berbakti kepada kedua orang tua. Ada peribahasa termasyur cinta orang tua sepanjang masa, cinta anak sepanjang galah. Memang saat ini banyak dijumpai anak yang tidak berbakti kepada orang tuanya. Saya pernah melihat nenek usia 75 tahun masih berjualan kacang di stasiun bis di kota solo, saya memiliki praduga bahwa anaknya tidak mau membantu finansial orang tuanya sehingga sudah tua renta masih berjualan keliling.

Kita harus mendidik anak untuk berbakti kepada orang tua dan orang lain supaya jiwa empatinya terbangun sejak dini. Ajarkan bahwa semua manusia saling membutuhkan sehingga jarang ada orang yang bisa hidup sendiri. Tanamkan rasa berbakti kepada orang tua sehingga anda akan mendapat pahala amal jariyah yaitu doa anak yang sholeh.

3. Ajarkan perbuatan baik dan dirikanlah sholat

Pelajaran dari surat luqman yang ketiga anak harus diberikan akidah yang baik dan ibadah yang baik pula. Ajarkan anak untuk selalu berbuat baik kepada semua orang tanpa harus menerima imbalan dari orang tersebut. Ajarkanlah sholat lima waktu saat berusia kecil sehingga menjadi kebiasaan saat beranjak besar. Anda bisa mencontohkan berbagai tindakan baik kepada orang lain seperti menolong nenek-nenek, menyantuni fakir miskin dan lain sebagainya.