Blog Cendekia

Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam

Memiliki anak merupakan suatu cita-cita dalam berumah tangga sehingga suatu keluarga mempunyai penerus dalam trahnya. Di negara maju setiap keluarga dibatasi dalam mempunyai anak semisal negara china yang mengatur bahwa dalam satu keluarga hanya diperbolehkan memiliki satu anak saja dikarenakan jumlah penduduk di china sudah membengkak. Di indonesia juga digalakan program satu keluarga 2 anak yang diklaim pemerintah mampu menjaga keseimbangan penduduk di indonesia. Bahkan saya pernah melihat ada sebuah desa yang mencanangkan KB sebagai desa percontohan KB indonesia yang dijumpai setiap keluarga hanya mempunyai 2 anak saja.

Memiliki anak laki-laki dan perempuan adalah hal yang sama saja di jaman moderen seperti ini. memiliki anak perempuan banyak didamba setiap keluarga dikarenakan anak perempuan dikenal rajin dan selalu dekat dengan orang tuanya. Coba dibandingkan dengan anak laki-laki yang cenderung merantau ke kota yang jauh agar dicap sebagai pribadi dewasa yang mandiri. Ada beberapa cara mendidik anak perempuan menurut islam yang cara mendidiknya sama saja dengan anak laki-laki, simak ya.

Keberadaan anak perempuan dalam islam sangat dimuliakan dikarenakan surga ada ditelapak kaki ibu, sehingga anak perempuan harus dimuliakan karena kelak menjadi ibu untuk anak-anaknya. Pada masa kelam sebelum ada ajaran agama ISLAM, mempunyai anak perempuan dianggap aib bagi keluarga dikarenakan keterbatasannya dalam membantu perang. Pada masa jahiliyah bahkan bila seorang ibu memiliki seorang anak perempuan maka langsung di binasakan dikarenakan sebagai aib.

Jaman masuk islam keberadaan anak perempuan di istimewakan sehingga diperbolehkan mempunyai anak perempuan maupun anak laki-laki dan hal tersebut sama saja. Dalam suatu hadis Nabi bertutur “bahwa bila memiliki anak perempuan, lalu dia berbuat kebajikan kepadanya maka mereka kelak dijauhkan dari api neraka”. Ada beberapa cara mendidik anak perempuan menurut islam sehingga menjadi anak yang solehah simak ya.

Artikel Terkait :  Lengkap, Ini Materi Pendidikan Di TK Anak Cendekia

1. Ajarkan ilmu tentang iman

Ajarkan anak perempuan anda keberadaan zat pencipta yaitu ALLAH Swt sebagai penguasa jagad raya. Anda bisa mengajarkan hal sederhana tetapi mengena yaitu melafalkan kalimat tauhid “LAILAHAILLAH” setiap mau tidur sehingga mengena di sanubarinya. Dengan mengajarkan ilmu tentang iman maka anak anda sudah mengenal siapa Tuhannya sehingga ketika beranjak dewasa imannya akan lebih full lagi. Setelah membaca kalimat tauhid berulang-ulang anda bisa menambahkan kalimat syahadat sehingga imannya bertambah kuat lagi.

Anda bisa mengajarkan untuk melafalkan kalimat syahadat setiap hari agar lebih mengena lagi. Setiap mau tidur anda bacakan kisah nabi dan melafalkan secara perlahan kalimat “ashaduallah illa hailalah wa ashaduana muhammadarosululah”. Ajaran ilmu pertama ini penting dikarenakan menjadi pondasi agama islam yaitu iman.

2. Mengajarkan perilaku berbakti kepada orang tua

Ini penting dikarenakan orang tua adalah yang melahirkan kita, merawat dan menjaga sampai usia beranjak dewasa. Dalam bertutur kepada orang tua harus dengan kata yang sopan, halus dan beretika sehingga tidak menyakiti hati keduanya. Bahkan di dalam Al Quran termuat dalam surat Al Luqman yang menerangkan kewajiban berbuat baik kepada orang tua. Jadi ajarkan untuk menghormati orang tua, adabnya dan tuturnya.

3. Mengajarkan ajaran agama

Ini penting agar anak anda sukses dunia, akhirat dan berbakti kepada orang tua. Dengan pelajaran agama dijumpai adab kepada orang lain, cara sholat, cara mengaji, kewajiban puasa ramadhan, ajarkan semua secara perlahan supaya anak lebih mengerti lagi.