Blog Cendekia

Cara Mendidik Anak Usia 5 Tahun

Anak saat berusia 5 tahun maka berada pada masa akhir masa balitanya. Anak usia 5 tahun memiliki ciri khas yaitu bersikap aktif, cenderung nekat melakuan sesuatu dan mulai mencari jati dirinya. Pada anak usia 5 tahun banyak dijumpai masalah-masalah yang menjadi beban orang tua seperti masalah kenakalannya. Pertumbuhan fisik dan mentalnya harus dijaga dengan baik supaya tumbuh kembangnya lebih optimal lagi. Ada beberapa cara stimulasi supaya anak menjadi anak yang tumbuh kembangnya lebih optimal lagi. Stimulus tersebut adalah dengan memberikan pendidikan yang pas untuk anak usia 5 tahun. Ada beberapa cara mendidik anak usia 5 tahun sehingga tumbuh kembangnya menjadi optimal, antara lain :

1. Mengajarkan sifat jujur

Anak usia 5 tahun harus diajarkan kejujuran sejak dini. Sifat jujur diajarkan pada anak 5 tahun dikarenakan anak usia 5 tahun memiliki memori panjang sehingga sifat kejujuran yang diajarkan akan tertanam kuat di memorinya. Anda bisa mencoba mencontohkannya dalam bercengkerama dengan anak anda. Misal anda belum sholat tetapi anda bilang anda sudah sholat maka anda minta maaf dan akan berkata jujur dalam setiap hal. Anak yang mempunyai sifat jujur dan dipupuk sepanjang hayat akan membuat anak menjadi pribadi dengan karakter yang baik. Ajarkan kejujuran, berlakulah jujur walaupun rasanya pahit.

2. Mengajarkan berbakti kepada orang tua

Ajarkanlah pelajaran dalam Al quran yaitu surat luqman ayat 12-19 yang intinya yaitu mengakui keesaan ALLAH SWT, berbuat baik dengan sesama dan berbakti kepada orang tua. Ada pepatah yang termasyur yaitu “surga ada di telapak kaki ibu” sehingga kita sebagai anak harus merawat ibu sampai akhir hayatnya. Banyak dijumpai anak yang menelantarkan ibu dan bapaknya sehingga di usia senja mereka masih bekerja mencari pundi-pundi uang untuk menyambung hidupnya. Ajarkan untuk berbakti kepada orang tua dari usia kecil maka akan terbiasa untuk berbakti saat beranjak dewasa. Ajarkan berbakti kepada orang tua pada usia 5 tahun supaya anak anda menjadi terbiasa saat beranjak remaja.

Artikel Terkait :  Fasilitas, Program Unggulan Dan Biaya Pendidikan Playgroup Anak Cendekia

3. Ajarkan Membaca dan Menulis

Pada usia 5 tahun anak sedang aktif dalam menjalankan kegiatannya di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Ajarkan sesuatu yang mampu menambah kemampuannya sehingga tumbuh kembangnya optimal. Mengajarkan membaca dan menulis akan merangsang otaknya untuk terus berkembang. Anak usia 5 tahun bisa anda ajarkan buku bergambar sehingga membuat anak anda membaca dan menulis secara antusias lagi. Ajarkan membaca kata dan kalimat yang sederhana saja, jangan mengajarkan secara membabi buta tetapi mengajarkan secara perlahan agar otak kirinya terus berkembang lagi. Cara mendidik anak usia 5 tahun yang ketiga yaitu ajarkan menulis dan membaca.

4. Ajarkan berbagai ibadah

Anak pada usia 5 tahun harus diajarkan beberapa ibadah wajib seperti sholat, puasa, zakat agar secara perlahan paham. Ini penting dikarenakan dalam ajaran agama agak lebih keras lagi. Ajarkan dengan memberi contoh, misal anada ajak sholat maka praktekan cara sholat dengan anak anda berdua. Selalu ajak anak anda yang berusia 5 tahun untuk selalu ikut anda dalam sholat di masjid sehingga beranjak remaja akan semakin terbiasa lagi. Dengan mengajarkan beribadah membuat anak anda semakin dekat dengan hidayah ALLAH SWT. Cara mendidik anak terakhir adalah dengan mengajarkan beribadah wajib secara perlahan tetapi sering.