Blog Cendekia

7 Rekomendasi Taman Kanak Kanak Full Day Di Yogyakarta

Yayasan atau lembaga TK (Taman Kanak-kanak) tentu banyak dibentuk di berbagai daerah. Salah satunya di kota besar Yogyakarta. Bahkan, berdasar kebijakan tentang wajibnya pendidikan TK, memicu beberapa lembaga untuk memberlakukan pula sistem full day. Untuk itu, berikut ini adalah daftar taman kanak kanak full day di Yogyakarta.

1. Mutiara Qurani

Salah satu TK di Yogyakarta yang memberlakukan pembelajaran sistem full day adalah yayasan Mutiara Qurani. Lokasinya berada di Jalan Lempongsari No. 4B, Sariharjo, Ngaglik, Sleman,Yogyakarta. Ada pula 7 kampus lainnya di beberapa wilayah. TK Mutiara Qurani ini memberlakukan sistem full day untuk anak-anak yang berusia 4 hingga 6 tahun.
Dimulai pada pukul 07.30 hingga 15.30. Sementara untuk jenis-jenis kegiatannya pun beragam, seperti hapalan Quran, materi keimanan dan ketakwaan, dan materi lainnya. Tak hanya itu, TK ini pun tentunya mengutamakan pembelajaran yang ceria dengan mengutamakan waktu istirahat dan bermain anak.

2. Ulil Albab Yogyakarta

Tak hanya Mutiara Quran, TK yang juga memberlakukan sistem full day adalah TK Ulil Albab. Beralamat di Jalan KH. Ali Maksum, Pandes, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Selain sebagai taman kanak-kanak, Ulil Albab juga memberlakukan metode taman bermain yang ramah dan menyenangkan.
Dalam penerapannya, TK ini lebih mengutamakan perihal budi pekerti, kreativitas anak, dan mencetak generasi muslim yang berkarakter dan unggul. Untuk program full day, dilaksanakan pada 07.30 sampai 15.00. Meskipun pada hari-hari tertentu ada yang hanya sampai pukul 13.00 atau 10.30 seperti Jum’at dan Sabtu.

3. TK BIAS

Taman kanak kanak full day di Yogyakarta selanjutnya adalah TK BIAS atau Bina Anak Sholeh. TK ini menerapkan metode Islam terpadu yang bertaraf internasional dengan pembelajaran yang menyenangkan. Bahkan programnya pun tak hanya mewujudkan anak yang cerdas, namun juga berkarakter dan berkepribadian baik.
Seperti TK full day pada umumnya, pemberlakuan jam sekolah pun dimulai dari pukul 07.30 hingga pukul 15.00. TK BIAS ini berlokasi di Jalan Jalan Mendungwarih No. 200, Giwangan, Yogyakarta. Persis sebelah Utara Terminal Baru. Ada juga beberapa cabang lain seperti di Wirosaban, Kaliurang, dan Palagan.

Artikel Terkait :  Cara Mendidik Anak Menurut Al Quran

4. TK Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan

Kepercayaan masyarakat akan pentingnya pendidikan anak semakin berkembang. Tak heran, pemberlakuan sistem full day untuk TK mun mulai digencarkan. Selain beberapa TK sebelumnya, ada juga TK Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan yang memberlakukan sistem full day. Tak hanya taman kanak-kanak, di sini pun terdapat kelompok belajar.
Beberapa pembelajaran yang diajarkan pada anak pun sangat beragam. Beberapanya seperti sains, keagamaan dan bahasa Arab, hingga budi pekerti. TK Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan ini beralamatkan di Jl Pilahan, Rejowinangun, Kotagede, Provinsi DI Yogyakarta.

5. TK Amal Insani

Salah satu TK yang juga menerapkan sistem full day adalah TK Amal Insani. Berlokasi di Jalan.Ring Road Utara No. 4, Depok, Sleman, Yogyakarta. Sebagai TK yang memberlakukan sistem full day, tentu pembelajarannya pun tidak terbatas pada kemampuan pengetahuan umum dan keagamaan saja. Ada juga pembelajaran lain berupa ekstrakulikuler.
Beberapa pembelajaran ekstra yang akan diajarkan kepada anak-anak adalah seperti menari, melukis, berenang, hingga bermain musik dan drumband. Bahkan perkembangan anak seperti di bidang psikologis dan karakternya pun turut dikembangkan dengan suasana yang ceria. Dengan begitu, kemampuan bakat maupun karakter akan berkembang lebih optimal.

6. TK Islam Timuran

Taman kanak-kanak di Yogyakarta yang sama-sama memberlakukan sistem full day adalah TK Islam Timuran. Konsep yang diterapkan dalam yayasan ini adalah pola pengasuhan anak dan pendidikan anak dalam konsep islami. Sistem full day yang diterapkannya bisa dimanfaatkan untuk orangtua yang memang berstatus pekerja.
TK Islam Timuran ini bertempat di Komplek Masjid Timuran Mg 3/33, Mergangsan, Yogyakarta.  Beberapa produk pembelajaran yang diunggulkan adalah seperti hapalan Quran, bahasa Arab, bahasa Inggris, hingga pembelajaran komputer. TK ini pun sudah seringkali mendapatkan beberapa penghargaan dan kejuaraan para muridnya.
Selain beberapa TK yang disebutkan di atas, tentunya banyak lagi TK lain yang memang memberlakukan sistem atau pola full day. Terlebih bagi orangtua yang sibuk bekerja, sistem full day pada TK ini bisa dijadikan solusi. Lokasinya TK Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan ini berada di Jalan Pilahan, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta.

Artikel Terkait :  Sarana Belajar Dan Rincian Biaya Pendidikan TK Anak Cendekia Terbaru

7.  Anak Cendekia

Selanjutnya playgroup islam di Yogyakarta adalah KB dan TK Cendekia, sebagai salah satu TK dan playgroup favorit di sana. KB Cendekia adalah tempat bermain dan belajar yang bertujuan membentuk karakter anak yang islami baik jasmani dan rohani. Beralamat di Jalan Gatotkaca No 403 C Jurugentong, Banguntapan-Bantul, Yogyakarta.
Memiliki banyak sekali program unggulan dan fasilitas yang ditawarkan kepada orang tua siswa dan anak didik. Tersedia layanan full day dan half day bagi yang ingin menitipkan putra-putrinya di playgroup Anak Cendekia Yogyakarta.
Pada dasarnya pendidikan taman kanak-kanak sangat perlu untuk menerapkan hal-hal baik pada anak sedini mungkin secara menyeluruh. Tentunya hal ini bertujuan agar anak lebih berkarakter tangguh dan punya kecerdasan yang baik. Nah, itulah beberapa taman kanak kanak full day di Yogyakarta yang bisa dijadikan sebagai referensi.