Blog Cendekia

Jangan Asal Didik Anak Di Usia Emas 3 tahun! Ketahui Cara Tepatnya Disini 

Betapa bahagianya memiliki seorang anak dimana ada sebagian orang lain masih berharap bisa untuk memilikinya. Anak adalah hadiah bagi Tuhan yang tidak terkira harganya sehingga kita harus bersyukur bisa memilikinya. Saat mempunyai anak kita akan sangat antusias dalam menyambutnya seperti membeli kasur buat anak, pakaian, selimut, almari dan peralatan bayi lainnya.

Kita akan sibuk dalam mencari nama yang pas untuk anak, karena nama adalah doa anda dan pasangan akan berpikir keras selama 7 hari 7 malam memikirkan nama yang klik untuk anak anda. Saat sudah beranjak 3 tahun anda mulai kewalahan dalam menghadapi anak anda sehingga pikiran mempunyai anak adalah kebahagiaan mulai pudar dikarenakan polahnya. Polah anak 3 tahun seperti ngompol, nekat dalam berbuat sesuatu, merengek meminta sesuatu membuat anda kewalahan. Walapun begitu anak adalah titipan jadi harus kita jaga dan rawat sehingga menjadi anak yang baik di kemudian hari nanti.

Cara mendidik anak usia 3 tahun sangat berbeda saat kita mendidik anak usia 7 tahun ke atas. Cara mendidik anak usia 3 tahun perlu cara khusus dalam mendidiknya sebagai pondasi dasar karakter anak. Ada berbagai cara dalam mendidik anak usia 3 tahun diantaranya :

1. Berikan kasih sayang yang tulus

Memiliki anak yang berusia 3 tahun kita harus memberikan kasih sayang yang tulus kepadanya. Bersikap lembutlah dalam menjaga anak supaya tumbuh kembangnya lebih optimal dikarenakan kasih sayang kita kepadanya. Dengan perkataan dan perbuatan yang lembut penuh kasih sayang membuat anak menjadi nyaman saat bercengkerama dengan kita. Kita banyak jumpai perilaku kurang elok dipertontonkan kepada khalayak ramai perbuatan membentak dan berperilaku kasar kepada anak usia 3 tahun. Perilaku kasar dan bentakan jelas akan membuat psikis mereka terluka sehingga anak menjadi kebal saat anda nasehati dengan bentakan yang keras. Bila anak salah cukup nasehati dengan nada rendah dan halus supaya anak tidak terkejut akan nada bicara anda.

Artikel Terkait :  7 Rekomendasi Taman Kanak Kanak Full Day Di Yogyakarta

2. Berikan Pujian bila berkelakuan baik

Pujian merupakan suatu stimulus bagi anak untuk selalu berbuat baik dalam kehidupannya. Bahkan saat orang dewasa di puji dengan pujian palsu pasti akan dibuat terngiang-ngiang akan pujian walaupun palsu. Anak 3 tahun sangat pintar dalam mengingat segala suatu hal dalam hidupnya sehingga bila kata-kata yang anda haturkan hanya kata-kata hinaan membuat psikis anak terganggu. Anda bisa memberikan pujian tulus saat anak berbuat hal baik misal membantu orang tua, saat merapikan tempat tidurnya yang berantakan, belajar tiap malam, sholat dengan gerakan baik dan benar. Dengan anda sering memberikan pujian tulus pada anak anda akan menjadi stimulus untuk anak supaya lebih berbuat baik lagi.

3. Jadilah sahabat terbaik bagi anak anda

Di zaman sekarang yang super sibuk dalam mencari sebongkah berlian membuat hubungan orang tua dan anak menjadi agak renggang. Pasangan suami istri tidak memperhatikan keadaan anak, cenderung mengejar harta benda dan karirnya. Hal ini menjadi kurang singkron hubungan anak dengan orang tuanya yang semakin berjarak dengan anaknya. Jadilah sahabat terbaik untuk anak anda sendiri seorang sahabat akan mendengarkan cerita anak, menasehati bila ada salah, menerima apa adanya keadaan anak anda. Jadilah seorang sahabat bagi anak anda sehingga anak menjadi memiliki kekerabatan erat dengan anda.