Blog Cendekia

Referensi TK Di Yogyakarta, Pendidikan Karakter Anak Pilihan Orang Tua

TK di Yogyakarta ada sangat banyak sekali, orang tua harus memilih dengan beberapa pertimbangan untuk buah hati mereka. Pemilihan sekolah TK harus dilihat dari fasilitas dan kebutuhan yang dibutuhkan si kecil. Karena sekolah TK dapat menjadi tempat si kecil dalam berkembang dan meningkatkan daya kreativitas.
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk masa depan si kecil, pemilihan pendidikan sedini mungkin dapat membentuk karakter yang baik. TK di Yogyakarta memiliki tujuan dan program unggulan sendiri. Orangtua tentu saja menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anak mereka, berikut ini adalah beberapa TK di Yogyakarta yang bisa dipilih oleh orang tua:

1. TK Al-Islam, Sleman

TK yang satu ini selain menerapkan pendidikan anak usia dini, juga mengedepankan unsur dan nilai-nilai agama islam. Sehingga akan akan diberikan pendidikan agama islam lebih banyak sejak dini dan dapat diterapkan dalam keseharian. Anak juga diberikan pendidikan karakter untuk membentuk karakter anak yang lebih baik di masa depan.

2. TK Arif Rahman Hakim

Sama halnya dengan TK Al-Islam, TK Arif Rahman Hakim juga memegang teguh unsur agama islam dalam memberikan pendidikan dini untuk siswanya. TK ini termasuk salah satu TK swasta dengan beberapa program unggulan untuk kebaikan si kecil.
Program unggulan yang ditawarkan adalah program untuk membentuk kreativitas anak dalam tahap perkembangan diri. Program itu diantaranya adalah edukasi lapangan, belajar sambil bermain, kegiatan kelompok dan kegiatan yang berbasis ketauladanaan akhlak.

3. TK Annur 1

TK Annur 1 juga menerapkan konsep pengajaran agama islam dalam mendidik siswanya. Salah satu program unggulannya adalah belajar shalat setiap satu minggu sekali, baik shalat fardhu maupun shalat sunnah. Sehingga anak akan terbiasa melakukan ibadah sedini mungkin, karena sudah terbiasa dengan hasil yang diajarkan.

Artikel Terkait :  Sarana Belajar Dan Rincian Biaya Pendidikan TK Anak Cendekia Terbaru

4. TK Al Azhar

Pendidikan anak usia dini yang berada di bawah naungan pesantren mampu mencetak anak menjadi generasi unggul, karena program-program yang diberikan. Anak akan dilatih untuk berkompetisi secara positif dan sportif, sehingga jiwa prestatif mereka akan meningkat.
TK Al Azhar akan menerapkan sistem kompetitif kepada anak didiknya, diharapkan kepercayaan setiap anak akan meningkat. Tujuannya bukan untuk melatih anak untuk berkompetisi negatif, tetapi menumbuhkan jiwa ambisi anak agar mampu menentukan masa depan baik untuk diri mereka. Anak akan diikutkan dalam kompetisi menulis, membaca, hafalan, dll.

5. TK Puri Bangsa

TK yayasan dengan visi membangun karakter bangsa yang berorientasi pada pendidikan nasionalisme anak. Nasionalisme yang dimaksudkan adalah membuat anak memiliki jiwa mencintai tanah air sejak mereka kecil. Anak akan diajarkan untuk belajar mengenal negara Indonesia dan apa saja yang dimiliki oleh Indonesia. Sehingga anak akan meyakini rasa cinta tanah air hingga mereka dewasa.
TK Puri Bangsa juga masih memegang penting unsur agama islam dalam pembelajarannya. Terdapat beberapa program pendidikan yang berbasis agama, seperti mengaji, praktik sholat dan hafalan. Oleh karena itu, dalam program pembelajarannya akan seimbang antara nasionalisme dan ketuhanan.

6. TK Ananda Mentari

TK ini merupakan salah satu TK yang bergerak dalam pendidikan bahasa inggris, sehingga kemampuan berbahasa inggris akan tertanam sejak dini. Anak anak didorong untuk mampu mengetahui banyak kosa kata dan mampu saling mengucapkannya kepada temannya.
Meskipun fokus pada bahasa inggris, namun tetap tidak melupakan tujuan utama dari taman kanak-kanak. Guru akan menstimulus perkembangan dengan bermain dan belajar menggunakan bahasa inggris, karena saat ini bahasa inggris sangat diperlukan.

Artikel Terkait :  Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam

7. TK Jasmine Al Muflihuun

TK Jasmine Al Muflihuun merupakan taman kanak kanan yang program unggulannya adalah menerapkan prinsip menghargai waktu dan respek lingkungan. Lingkungan yang dimaksudkan bisa lingkungan selama di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Sehingga anak akan mudah dalam beradaptasi dengan lingkungan sosial dengan teman maupun masyarakat.

8.  Anak Cendekia

Selanjutnya playgroup islam di Yogyakarta adalah KB dan TK Cendekia, sebagai salah satu TK dan playgroup favorit di sana. KB Cendekia adalah tempat bermain dan belajar yang bertujuan membentuk karakter anak yang islami baik jasmani dan rohani. Beralamat di Jalan Gatotkaca No 403 C Jurugentong, Banguntapan-Bantul, Yogyakarta.
Memiliki banyak sekali program unggulan dan fasilitas yang ditawarkan kepada orang tua siswa dan anak didik. Tersedia layanan full day dan half day bagi yang ingin menitipkan putra-putrinya di playgroup Anak Cendekia Yogyakarta.
Beberapa contoh di atas adalah pilihan TK di Yogyakarta, masih ada banyak sekali pilihan yang bisa dipilih orang tua untuk buah hati. Mempertimbangkannya harus berdasarkan kesepakatan antar keluarga dan pasangan karena untuk kebaikan anak dan masa depan anak.
Sekolah TK untuk anak yang paling penting adalah pendidikan karakternya, di rumah juga harus tetap distimulus agar anak memiliki karakter unggul. Bagi orangtua, carilah kriteria sekolah TK di Yogyakarta sesuai kebutuhan buah hati.