Blog Cendekia

Tujuan Pendidikan TK Anak Cendekia Menuju Anak Sholeh/Sholehah

Pendidikan merupakan media yang dapat digunakan untuk meningkatkan derajat pengetahuan dan pemahaman mengenai hidup. Peningkatan ini dapat dimulai dari tingkatan pendidikan melalui taman kanak-kanak (TK). Di Indonesia banyak taman kanak-kanak khususnya di Yogyakarta. Salah satu TK yang di Yogyakarta adalah TK Anak Cendekia. TK ini mengedepankan tujuan aspek keislaman untuk menciptakan generasi yang baik. Berikut ini tujuan pendidikan TK Anak Cendekia :

1. Menanamkan Aspek Tauhid

Aspek tauhid atau ketuhanan merupakan prinsip dasar dalam menanamkan keislaman dalam diri. Pada aspek ini TK anak cendekia memberikan media pembelajaran mengutamakan nilai-nilai islami. Pembelajaran ini menerapkan setiap materi dengan mengagungkan Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga memberikan dan menanamkan dalam diri setiap siswa/siswi percaya adanya Allah SWT.

2. Menanamkan Sikap Bermoral

Selain menanamkan ketauhidan dalam setiap pembelajaran. Langkah selanjutnya pengajaran sikap bermoral pada sesama manusia. Setiap aktivitas selalu menerapkan sikap bermoral yang dilakukan pada antar siswa/siswi. Melatih sikap ini pada siswa/siswi dilakukan dengan saling menghargai, bersikap baik dengan orang yang lebih tua dan guru serta menghargai lingkungan sekitar.

3. Melatih Kreatifitas

Menumbuhkan kreatifitas dalam setiap siswa/siswi dilakukan dengan memberikan pembelajaran yang mengasah kreatifitas. Biasanya siswa/siswi diajak keluar sekolah untuk memberikan suasana baru dan mengasah kreatifitas. Media pembelajaran selalu menggunakan media yang menarik dan melatih kreatifitas sehingga siswa/siswi dapat terbiasa dengan kreatifitasnya. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan TK anak cendekia.

4. Menumbuhkan Sikap Team Work

Siswa/siswi akan diajarkan mengenai team work dalam setiap pembelajaran. Adanya sistem team work akan menumbuhkan cara memimpin teman dalam melakukan aktivitas sehingga mendapatkan prestasi. Manfaat dari team work ini dapat menumbuhkan rasa ingin tahu, berpikir, melakukan kegiatan dengan keinginan bersama, dan meningkatkan interaksi antar siswa/siswi dan guru.

Artikel Terkait :  5 Keunggulan Playgroup Anak Cendekia Yogyakarta

5. Mendidik Menjadi Berkarakter

Di TK anak cendekia bukan hanya mengajarkan pada aspek dunia tetapi menyeimbangkan dengan aspek islam. Kedua aspek ini memiliki peran penting untuk menghasilkan generasi yang berkarakter. Setiap siswa/siswi dilatih untuk menjadi pribadi yang berkarakter sehingga dapat menjadi identitas. Berkarakter bisa mencakup berpikir, berkata, bersikap dan berbaik sangka dalam kedua aspek.

6. Membimbing Menjadi Leadership

Sikap leadership merupakan salah satu tujuan pendidikan TK anak cendekia. Tujuan ini untuk melatih setiap anak menjadi seorang pemimpin. Pemimpin ini yang memiliki sifat sesuai dengan nilai-nilai islami. Dengan adanya leadership dapat melatih interaksi antar anak sehingga dapat mengenal dunia sekitar. Manfaat dari leadership adalah dapat menumbuhkan sikap berpikir.

7. Menumbuhkan Sikap Enterpreneurship

Selain pintar dalam aspek ilmu dan agama juga melatih sikap berwirausaha. Wirausaha memang penting diajarkan sejak dini untuk menerapkan ilmu yang diperoleh. Akan tetapi selalu mengutamakan nilai islami dalam wirausaha. Manfaat dari sikap ini dapat menghargai antar anak, berpikir berwirausaha, dan berinteraksi dengan teman.

8. Mewajibkan Sholat Wajib

Sholat wajib merupakan tiang agama bagi umat islam. Setiap anak wajib melaksanakan sholat wajib. Selain itu mewajibkan sholat untuk mengenalkan sejak dini anak agar menjadi kebiasaan. Dengan melatih sholat akan menumbuhkan rasa percaya dengan Allah SWT sehingga dapat dijadikan rutinitas. Anak-anak juga diajarkan doa-doa sholat wajib.

9. Melatih Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan salah satu sholat sunnah yang dilakukan umat islam. Anak-anak dilatih untuk melakukan sholat dhuha. Selain itu juga diberikan materi dan praktek mengenai doa-doa untuk sholat dhuha. Pengenalan ini dilakukan untuk membiasakan anak-anak dengan sholat dhuha. Akan tetapi hal ini merupakan tujuan pendidikan TK anak cendekia.

Artikel Terkait :  Inilah 8 Pilihan TK Terbaik Di Sleman

10. Hafalan Surat Pendek Dan Doa Harian

Salah satu tujuan Pendidikan TK anak cendekia adalah dengan dilakukan hafalan surat pendek dan doa harian. Setiap pembelajaran selalu dilakukan hafalan surat pendek dan doa harian untuk menjadi kebiasaan dalam aktivitas. Selain itu juga melatih hafalan dengan menarik sehingga anak-anak dapat senang. Hal ini juga akan menjadi kebiasaan.
Untuk mewujudkan tujuan pendidikan TK anak cendekia dilakukan beberapa tahapan. Dalam mencapai tujuan tersebut maka perlu pembimbingan yang rutinitas agar menjadi kebiasaan. TK anak cendekia ini merupakan wahana belajar dan bermain untuk membentuk karakter anak secara islami, jasmani dan rohani. Selain itu juga mengutamakan nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang diajarkan memberikan manfaat untuk menghasilkan generasi yang berkarakter.