Blog Cendekia

Cara Mendidik Anak di Era Milenial

Anak adalah separuh jiwa yang harus kita jaga dan rawat sampai beranjak remaja supaya tertanam pribadi yang baik. Anak memang selalu didambakan setiap keluarga dikarenaka sebagai pelengkap keluarga kecil mereka. Dengan kehadiran anak bisa membuat keluarga semakin harmonis dikarenakan anak sebagai penyambung suasana kondusif antara bapak dan ibu. Anak dalam mendidiknya harus sesuai dengan jamannya jangan menyamaratakan seperti jaman dahulu jelas berbeda. Anak-anak era milenial memiliki cara pandang yang berbeda dengan era old sehingga perlu cara mendidik khususnya. Ada berbagai cara mendidik anak di era milenial yang wajib anda simak pada pembahasan berikut ini.

1. Tanamkan iman yang kokoh

Setiap anak milenial yang cenderung familiar dengan dunia internet sangat mudah terpapar paham negatif seperti paham radikal. Banyak sekali dijumpai situs berpaham radikal yang berbahaya bila sejak usia muda sudah terpapar paham radikal ini. Tentu kita tahu pada tahun lalu dimana bom diledakan di sejumlah tempat di indonesia yang pelakunya ada anak kecil. Sungguh nestapa masih usia muda tetapi dikarenakan keluarganya salah dalam mendidik berdampak pada usia muda yang sudah mangkat. Pahamkan iman yang kuat kepada anak anda, iman kepada Allah Swt supaya tindakannya tidak mudah di setir orang lain.

2. Paham keadaan anak

Anak milenial biasanya memiliki keinginan yang tidak terbatas sehingga kita menjadi kesulitan dalam menunaikannya. Hal yang paling utama yang dibutuhkan anak yaitu handphone yang bisa digunakan untuk sosial media dan gaming. Anda harus paham dikarenakan lingkungan anak milenial sudah canggih dalam bermain gadget berbeda dengan kita yang masih ada yang gagap teknologi. Pahami bahwa kehidupan anak tak akan bisa terlepas dari handphonenya, anda hanya harus membatasi agar tidak keblabasan. Misal anak anda yang sangat jago gaming tetapi dalam bermain sangat over time membuat anak tidak fokus kepada yang lain, anda harus paham bila anak anda suka gaming tetapi anda harus bisa diplomai halus kepada anak agar bermain game terlalu lama tidak baik untuk segala kehidupannya.

Artikel Terkait :  Cara Bijak Mendidik Anak Usia 3 Tahun

3. Beri pelajaran akhlak

Percuma bila anda menyekolahkan anak anda sampai jenjang paling tinggi tetapi anda mendidiknya dengan asal-asalan. Pelajaran akhlak merupakan pelajaran terpenting dalam kehidupan. Dengan akhlak yang baik maka anak anda akan siap dalam mengarungi derasnya samudera kehidupan. Percuma bila anak anda super pintar tetapi kepada orang lain sifat menghormati membeku sehingga orang lain menjadi kesal dengan perilaku anak anda. Berikan pelajaran akhlak yang baik seperti suka menolong, menghormati orang yang lebih tua, berbicara halus, selalu jujur dalam perkataan. Dengan akhlak yang baik maka anak anda akan siap mengarungi kejamnya dunia ini.

4. Berikan perhatian secara penuh

Anak era milenial pada jaman sekarang cenderung mengurung diri di kamar mereka sibuk dengan sosial medianya. Anak seperti itu dijamin kurang dalam pergaulan sosial sehingga selalu merasa kesepian dalam hidupnya. Anak era milenial merasa punya banyak teman tetapi teman online tetapi tidak pernah berhadapan langsung. Ada banyak anak milenial yang merasa kesepian sehingga sebagai orang tua harus beri perhatian secara penuh supaya tidak depresi. Posisikan anda sebagai teman yang selalu mendengarkan apa curahan hati anak anda sepanjang waktu. Dengan anda memberikan perhatian secara penuh maka anda akan menjaga tumbuh kembang anak menjadi lebih baik