Blog Cendekia

Materi Pendidikan Di Playgroup Anak Cendekia Yang Menghasilkan Generasi Unggulan

Materi pendidikan di playgroup Anak Cendekia tidak banyak berbeda dari playgroup yang lain, karena memang sekolah untuk anak usia preschool.  Anak Cendekia ada di beberapa kota besar salah satunya di Yogyakarta dengan prinsip utamanya adalah Islamic Leadership. Tujuannya adalah membentuk anak yang memiliki jiwa leadership yang unggul.
Orang tua bisa untuk menjadikan Anak Cendekia sebagai pilihan sekolah playgroup untuk anak mereka. Karena disini anak akan bermain dan belajar untuk membentuk karakter islami, jasmani dan rohani sedini mungkin. Berikut ini adalah materi pendidikan di Playgroup Anak Cendekia yang direkomendasikan:

1. Membentuk Generasi Milenial Berakhlakul Karimah

Prinsip utama playgroup anak cendekia yang ingin mencetak generasi milenial berkarakter, mempunyai etika dan akhlakul kharimah bisa menjadi pilihan terbaik. Generasi milenial yang dibentuk akan ditanamkan nilai-nilai kebaikan yang bertauladankan Nabi Muhammad SAW.
Anak didik akan diajarkan ketauhidan dan ditanamkan nilai akhlak sejak mereka masih kecil. Cara penerapannya juga dengan praktis, yaitu langsung kepada anaknya. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan sesuai dengan karakter dari si anak sendiri.

2. Manasik Haji Untuk Anak-Anak

Setiap pendidikan yang diajarkan sejak dini akan membuat tertanam lebih baik pada anak-anak. Manasik haji yang merupakan simulasi melakukan haji yang dikonsep sama persis dengan ibadah aslinya. Manasik haji bisa diajarkan ke anak-anak, agar semangat mereka untuk haji bisa tumbuh sejak dini.

3. Baca Tulis Quran Dengan Metode Kibar

Metode kibar merupakan metode aplikatif dan efektif untuk memudahkan anak dalam belajar Al-Quran. Dengan metode aplikatif, anak akan lebih mudah menangkap karena tidak berfokus pada tulisan dalam kertas saja. Anak akan mudah dalam belajar membaca dan menghafalkan Al-Quran, dan sikap ini akan tertanamkan terus.
Metode kibar juga dilengkapi dengan media yang sesuai dengan saat ini, seperti belajar dengan video, mendegarkan suara (listening) dan praktik secara langsung. Dengan sistem pembelajaran berkelompok, anak juga bisa mengeksplor kemampuan mereka.

Artikel Terkait :  Playgroup Terbaik Di Sleman Untuk Pendidikan Anak Usia Dini

4. Hafalan Asmaul Husna

99 nama Allah wajib diketahui dan dihafalkan oleh anak-anak, karena meningkatkan ketauhidan anak kepada Allah SWT. Jika anak sudah dikenalkan sejak dini, maka arti dari nama Allah akan bisa diamalkan anak dalam kehidupan sehari-hari. Guru juga bisa menstimulus anak dengan mencoba menerapkan makna asmaul husna sejak dini.

5. Sedekah Setiap Hari Jumat

Bersedekah dapat memperlancar rejeki dan menjadikan anak dermawan untuk membantu orang lain. Sedekah merupakan hal yang banyak manfaatnya, sehingga lebih baik jika diterapkan sejak dini kepada anak. Salah satu caranya adalah dengan menanamkan infaq setiap seminggu sekali agar anak terbiasa dengan bersedekah.

6. Kunjungan Ke Panti Asuhan Untuk Peduli Sesama

Anak-anak akan diajak berkunjung ke panti asuhan setiap berkala sehingga akan tumbuh rasa empati terhadap sesamanya. Anak akan diajarkan cara bertoleransi dan peduli dengan orang lain agar tumbuh jiwa rasa kasih sayang, terutama pada anak yatim piatu.

7. Konseling Psikologi Anak

Bimbingan psikologis dan rohani alangkah baiknya ditanamkan pada anak untuk mempersiapkan kemandirian anak dalam menjalani masalah. Dengan bimbingan psikologis dan rohani yang matang, jiwa anak akan lebih tentram dan terjaga.

8. Field Trip Menyenangkan

Jalan-jalan ke berbagai lokasi wisata baik edukasi maupun alam bisa membuat perjalanan anak menjadi menyenangkan. Anak akan diberikan ilmu pengetahuan selama field trip dilakukan, sehingga anak akan tumbuh jiwa sosialnya.

9. Family Gathering

Sekolah tidak hanya untuk pertemuan anak-anak saja, tetapi ada program untuk mempertemukan antar keluarga. Selama pertemuan keluarga ditujukan untuk menanamkan nilai-nilai silaturahmi pada anak usia dini.

10. Pemeriksaan Kesehatan Di Sekolah

Pemeriksaan kesehatan ditujukan agar anak-anak tetap menjaga kesehatan diri mereka. Anak juga akan diberikan pendidikan kesehatan yang bermanfaat, seperti manfaat cuci tangan, makanan sehat, gizi, dll. Kesehatan harus diterapkan sejak dini agar generasi milenial membudidayakan hidup sehat.
Materi pendidikan di playgroup Anak Cendekia memang banyak ragamnya, sehingga akan membentuk  generasi yang lebih baik. Orang tua yang memilih sekolah ini memang cocok untuk buah hatinya, karena akan tercetak generasi yang unggul. Orangtua juga bisa mengetahui apa saja materi pendidikan di playgroup Anak Cendekia yang diberikan untuk buah hatinya.
Memilih pendidikan untuk anak harus dipertimbangkan didiskusikan dengan keluarga dengan baik, terutama mengenai program materi pendidikan di playgroup Anak Cendekia yang akan diterima oleh anak. Masa depan seorang anak harus direncanakan sejak anak masih usia dini, sehingga saat usianya sudah besar nanti anak akan lebih mudah dalam bercita-cita.

Artikel Terkait :  Fasilitas, Program Unggulan Dan Biaya Pendidikan Playgroup Anak Cendekia