Blog Cendekia

Lengkap, Ini Materi Pendidikan Di TK Anak Cendekia

Pendidikan sejak dini memang sangat penting untuk meningkatkan motorik dan pengetahuan anak pada usia dibawah 7 tahun, apalagi pada usia tersebut anak memiliki keingintahuan yang tinggi. Untuk itu anak pada usia tersebut disarankan untuk masuk di TK anak cendekia. Lalu apa saja materi pendidikan di TK anak cendekia?
Pada umumnya materi untuk pendidikan di TK anak cendekia masih pada tahap pengenalan benda, berhitung, membaca serta diajari akhlak yang baik. Dan berikut rangkuman materi di TK anak cendekia.

1. Membaca

Metode belajar membaca pada anak TK biasanya diterapkan dalam bentuk mengeja. Anak TK biasanya mulai di ajari membaca, mulai dari membaca buku dongeng atau membaca kata yang sudah ditentukan oleh guru.
Fungsi belajar membaca pada materi pendidikan di TK anak cendekia bukan hanya untuk melatih skil membaca. Namun, dalam belajar membaca dapat memberi pengetahuan arti dari kata yang dibaca. Tentu saja kata yang dibaca adalah kata yang positif dan mudah untuk dieja.

2. Berhitung

Belajar berhitung juga menjadi salah satu materi pendidikan di TK anak cendekia. Belajar berhitung tentu sangat penting untuk dipelajari, karena akan sangat berguna di tingkat kelas yang lebih tinggi, khususnya dalam mata pelajaran matematika.
Dalam belajar berhitung juga menggunakan metode yang tepat dan mudah dipahami oleh sang anak. Dalam belajar materi ini juga sambil diselipkan belajar mulai dari penjumlahan dan pengurangan angka kecil, seperti 1 sampai 10.

3. Menulis

Belajar menulis juga masuk dalam materi di TK anak cendekia. Belajar menulis disini tentu saja menulis dengan kata yang mudah ditulis, seperti menulis  namanya sendiri atau menulis benda disekitar serta menulis nama hewan serta menulis kata lain yang mudah ditulis.
Dalam proses belajar ini juga bermanfaat untuk melatih motorik halus anak, sehingga otot anak terlatih untuk melakukan kegiatan lainnya, apalagi ini di zaman teknologi dimana banyak orang lebih sering menulis dengan cara mengetik dibanding tulis tangan.

Artikel Terkait :  Cara Mendidik Anak Usia 5 Tahun

4. Bahasa Inggris

Bahasa inggris juga akan menjadi materi pendidikan di TK anak cendekia. Dengan kemajuan globalisasi yang sangat pesat saat ini tentu saja mengajarkan bahasa inggris sebagai bahasa internasional sejak dini kepada sang anak akan sangat penting untuk masa depannya agar bisa bersaing di era globalisasi mendatang.
Pendidikan bahasa inggris disini meliputi, belajar angka 1 sampai 10 dalam bahasa inggris. Selain itu anak TK juga akan belajar nama warna dalam bahasa inggris serta keluarga dalam bahasa inggris, seperti ibu dalam baha singgris dan lainnya.

5. Bahasa Arab

Dalam materi ini, anak akan diajari berhitung 1 sampai 10 dengan bahasa arab serta nama benda disekitar dalam bahasa arab.
Materi ini juga sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan bahasa, serta pengenalan bahasa arab kepada anak untuk tahap awal sebelum pengenalan membaca bacaan arab yang lebih sulit.

5. Perilaku/akhlak

Pendidikan ini juga sangat penting dan ada pada materi pendidikan di TK anak cendekia. Dalam hal ini anak akan mulai diajari akhlak yang baik dan Perilaku yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan harinya. Disini anak juga akan diajarkan berbagi, membantu orang lain dan kegiatan positif lainnya.
Materi ini tentu sangat penting untuk membentuk akhlak dan karakter sang anak agar menjadi manusia yang berakhlak yang baik dan memiliki jiwa sosial yang tinggi ke depannya.

6. Doa Harian

Materi ini juga menjadi materi yang perlu diajarkan di TK anak cendekia. Pasalnya materi ini sangat penting untuk anak supaya dalam melakukan sesuatu dalam kegiatan disetiap harinya diawali dengan doa.

7. Bacaan Sholat

Materi ini menjadi materi yang tak kalah penting dalam materi pendidikan di TK anak cendekia. pasalnya materi ini mengajarkan doa sholat dengan harapan sang anak bisa mempraktekannya dirumah.
Disini sang anak akan diajari doa sholat lengkap. Tentu saja hal ini akan membuat anak dapat belajar melakukan ibadah sholat dengan benar sesuai anjuran agama islam.
Doanya tentu saja doa yang diucapkan disetiap harinya, seperti doa sebelum tidur, doa sesudah tidur, doa masuk masjid, doa keluar masjid, doa kedua orang tua, doa masuk rumah dan lainnya.
Nah, itu dia materi pendidikan di TK anak cendekia. Materi diatas merupakan materi yang tentu saja sangat bermanfaat bagi sang anak yang belajar di TK anak cendekia.

Artikel Terkait :  Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun Secara Efektif