Blog Cendekia

Ini 7 Playgroup Full Day Di Yogyakarta Yang Dapat Jadi Pilihan

Modal penting bagi seorang anak adalah pendidikan yang baik pada usia dini. PAUD yang tepat akan membentuk karakter dan kepribadiannya. Pendidikan yang dimaksud bukan pendidikan yang hanya terkurung oleh pengertian sekolah formal apalagi di usia emas, mereka membutuhkan playgroup terbaik. Berbicara mengenai playgroup, ada beberapa playgroup full day di Yogyakarta.
Sejumlah preschool di Yogyakarta telah menerapkan beberapa metode pembelajaran efektif yang cukup baik dan ideal untuk anak usia dini. Terdapat sekolah yang dipercaya bisa membuat anak semangat bermain dan belajar serta mengembangkan motoriknya. Selain itu, dalam preschool tersebut, anak diajari pemahaman agama. Berikut 6 pilihan playgroup full day di Yogyakarta:

1. Fastrack FunSchool

Playgroup yang satu ini memberikan pembelajaran dengan menggunakan metode pengajaran yang cukup baik yakni audithory, spatial, visual maupun kinestetik. Sementara kurikulum yang dihadirkan untuk memenuhi setiap kebutuhan anak juga berbeda-beda.
Adapun mengenai kegiatan bermain sambil belajar tidak hanya dilakukan indoor namun juga di outdoor. Hal ini dilakukan untuk mengasah kemampuan kinestik anak. Di lingkungan dekat sekolah ada tempat untuk belanja sayur yang juga berguna untuk anak-anak untuk memperkenalkan kepada mereka jenis sayuran. Memperkenalkan jenis-jenis sayuran kepada anak sejak dini akan membuat sang anak memiliki pengetahuan yang luas tentang sayuran dan juga bagi mereka yang tidak menyukai makan sayuran akan dibimbing mengenai manfaat yang terkandung dalam sayuran yang baik bagi kesehatan anak.

2. Sanggar Anak Alam (SALAM)

Playgroup full day di Yogyakarta selanjutnya adalah Sanggar Anak Alam yang beralamat di Nitiprayan, Ngastiharjo, Bantul, Yogyakarta. Berbeda dengan playgroup yang lain, Sanggar Anak Ala mini melibatkan orang tua juga dalam proses belajar mengajar.
Tujuan dari sekolah SALAM ini adalah mencetak anak didik yang mudah bersosialisasi serta melibatkan orang tua guna mengerti cara mendidik anak yang baik dan benar. Bisa dibilang bahwa playgroup yang satu ini adalah forum belajar anak dan keluarganya supaya sama-sama saling mengerti dan orangtua pun juga bisa mendidik anak dengan cara yang benar.

Artikel Terkait :  Cara Mendidik Anak Zaman Now

3. Madania Kids

Madania Kids adalah salah satu yayasan yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan. Visi dari Madania ini mencetak anak-anak yang bisa mandiri serta memiliki akhlak yang mulia. Sedangkan salah satu misinya adalah membangun generasi muslim yang berakhlak mulia, cinta tanah air dengan menghubungkan antara aghiyya (kaya) dan dhuafa (miskin) secara berkesinambungan.

4. Al Azhar 31 Yogyakarta

Playgroup terbaik selanjutnya adalah Al Azhar 31 yang mana memiliki busat sumber belajar yang dilengkapi dengan laboratorium, perpustakaan, komputer, laboratorium sederhana serta ruangan kelas yang luas dan nyaman.
Tak hanya itu saja, salah satu preschool terbaik di Yogyakarta ini juga memiliki arena olahraga outdoor yang sangat kondusif serta arena bermain yang aman. Selain itu, anak juga tak perlu jajan karena ada Taman Gizi dengan dapur yang bisa memenuhi kebutuhan makan anak-anak.

5. Bambini Montessori School

Bambini Montessori School masuk dalam daftar playgroup full day di Yogyakarta karena metode pembelajaran yang dipakai yakni pembelajaran Montessori. Montessori ini adalah metode pembelajaran yang membagi posisi guru, anak dan juga lingkungan dalam segitiga pembelajaran. Anak akan dengan bebas memanfaatkan lingkungan yang ada untuk mengembangkan system motoriknya dan juga kepribadiannya serta berinteraksi dengan guru saat membutuhkan bantuan dan arahan.
Metode pembelajaran ini mengedepankan pada pentingnya penyesuaian lingkungan belajar anak dengan tingkat perkembangannya. Karena adanya perbedaan tingkat perkembangan anak satu dengan anak yang lain, maka visi dari Bambini Montessori yakni ingin menjadi lembaga pendidikan yang memupuk kepedulian anak terhadap sesama dan lingkungan, pemberdayaan potensi anak, serta berpusat pada pembentukan kepribadian anak dan juga.

6. BIAS (Bina Anak Sholeh)

Seperti Namanya, lembaga pendidikan ini bertujuan untuk membina anak-anak untuk menjadi pribadi yang islami dengan pengenalan tentang agama sedini mungkin. Adapun mengenai kegiatan sehari-hari di playgroup ini adalah membaca Al Quran bersama-sama, ikrar pagi, tidur siang bersama, makan siang bersama dan juga bermain bebas di taman.

Artikel Terkait :  Tujuan Pendidikan Playgroup Anak Cendekia Dalam Membentuk Insan Mulia

7.  Anak Cendekia

Selanjutnya playgroup islam di Yogyakarta adalah KB dan TK Cendekia, sebagai salah satu TK dan playgroup favorit di sana. KB Cendekia adalah tempat bermain dan belajar yang bertujuan membentuk karakter anak yang islami baik jasmani dan rohani. Beralamat di Jalan Gatotkaca No 403 C Jurugentong, Banguntapan-Bantul, Yogyakarta.
Memiliki banyak sekali program unggulan dan fasilitas yang ditawarkan kepada orang tua siswa dan anak didik. Tersedia layanan full day dan half day bagi yang ingin menitipkan putra-putrinya di playgroup Anak Cendekia Yogyakarta.
Nah, demikian pembahasan 6 playgroup full day di Yogyakarta yang memang sudah banyak orangtua memberikan apresiasi cukup baik dengan beberapa preschool diatas. Tak hanya memiliki program, metode pembelajaran dan juga fasilitas bagus saja, salah satu sekolah diatas melibatkan peran orangtua  secara langsung yang pastinya juga menambah ilmu tentang didik mendidik.