Blog Cendekia

Tujuan Pendidikan Playgroup Anak Cendekia Dalam Membentuk Insan Mulia

Tujuan pendidikan playgroup Anak Cendekia pada dasarnya adalah untuk membentuk karakter anak menjadi lebih baik. Visinya yang berbunyi cerdas, ceria dan berakhlak mulia sangat mengedepankan pendidikan karakter anak sejak dini. Kecerdasan dan akhlak adalah prinsip yang dipegang teguh dalam sistem pembelajarannya.
Pendidikan playgroup merupakan pendidikan yang dipersiapkan agar anak menjadi lebih siap dan memiliki bekal saat bersekolah formal nantinya. Sehingga orangtua harus memikirkan pendidikan playgroup untuk anaknya. Beberapa tujuan pendidikan playgroup Anak Cendekia antara lain:

1. Membentuk Anak Yang Berakhlak Mulia

Akhlak merupakan pendidikan dasar yang harus dipikirkan orang tua dan harus diterapkan sedini mungkin pada anak. Karena akhlak bisa mempengaruhi karakter anak, apakah anak akan menjadi anak yang baik ataukah anak yang nakal. Akhlak dapat dibentuk melalui kebiasaan pendidikan yang diberikan setiap hari.
Stimulus positif diperlukan untuk membangun karakter baik pada diri anak, sehingga anak akan terdorong dalam melakukan hal-hal yang sifatnya baik. Jika anak memiliki akhlak yang mulia, orangtua akan merasa senang dan berhasil dengan pencapaian anaknya.

2. Membentuk Anak Yang Mandiri

Sistem sekolah yang bisa dijadikan sekaligus tempat penitipan yang menerapkan full day school bisa membuat anak lebih mandiri. Karena anak akan ditinggal orangtuanya dan diserahkan sepenuhnya pada ibu pengasuhnya di playgroup. Orang tua akan meninggalkannya dan menjemput jika sekolah sudah selesai.
Anak akan lebih sering interaksi dengan sosialnya yaitu teman sebaya dan belajar untuk melakukan setiap kegiatannya sendiri. Mulai dari belajar sendiri, makan sendiri, berkompetisi dengan teman sendiri dan bermain bersama teman secara mandiri tanpa orangtua. Ibu pengasuh akan mengawasi mereka dan memastikan anak berkembang.

3. Membentuk Anak Yang Optimis dan Ceria

Kemandirian yang sudah diterapkan sejak kecil akan membuat anak lebih optimis dan percaya diri. Karena mereka tidak akan menggantungkan semuanya pada orangtua mereka. anak akan bermain dengan teman sesamanya dan belajar dalam meningkatkan kepercayaan dirinya.
Anak juga akan menjadi lebih ceria, karena di playgroup mereka akan penuh dengan permainan dan belajar bersama teman. Selama bermain anak akan mengeksplor kreativitas dan menghasilkan tawa bersama teman-teman sebayanya

Artikel Terkait :  Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun Menurut Islam

4. Membentuk Anak Yang Sopan dan Santun

Anak akan diajarkan untuk sopan dan santun, baik kepada yang lebih tua maupun kepada teman sesamanya. Bagian dari kurikulum pendidikan yang diterapkan di playgroup anak cendekia adalah membentuk generasi yang sopan dan santun. Sehingga akan terbentuk karakter unggul di masa depan.
Selain dapat menjadi hal positif untuk anak, kesopanan juga bisa menjadikan orangtua bangga dengan anak mereka. Ketika anak berada di lingkungan masyarakat, anak akan disenangi banyak orang dan dinilai memiliki budi yang baik.

5. Membentuk Anak Yang Percaya Diri

Kepercayaan diri akan terbentuk karena anak diajarkan banyak pendidikan dan permainan. Anak akan diasah kreativitasnya dan kemampuan berpikirnya agar dapat menyelesaikan masalah yang sesuai dengan usia mereka. Selama di sekolah anak akan diberikan tantangan agar mampu mengekspresikan diri di depan orang lain, baik pengasuh maupun teman sebayanya.
Bagi anak-anak yang memang pemalu, maka akan ditingkatkan kepercayaan dirinya lebih lagi. Anak akan diberikan pendekatan secara personal sehingga anak menjadi lebih nyaman dan percaya dengan keberadaan ibu pengasuh. Dengan demikian, anak akan berangsur meningkat kepercayaan dirinya.

6. Membentuk Anak Menjadi Pribadi Yang Cerdas

Kecerdasan setiap anak bisa diasah sejak dini dengan memberikan stimulus-stimulus yang sesuai. Sehingga otak akan berkembang untuk menyelesaikan berbagai macam masalah yang mereka hadapi. Anak yang terbiasa dengan pemecahan masalah, maka akan menjadi anak yang memiliki kemampuan lebih dibanding temannya.
Kecerdasan anak juga bisa diasah dengan membiasakan belajar dan mereview pelajaran setiap hari. Sehingga tujuan utama anak disekolahkan adalah agar ada yang memantau kegiatan anak selama full day school.
Tujuan pendidikan playgroup Anak Cendekia yang memang menitikberatkan pada pembentukan karakter unggulan anak sangat cocok menjadi pilihan orang tua. Orang tua tidak perlu khawatir anaknya tidak berkembang saat belajar di playgroup ini. Kemampuan guru dan ibu pengasuh sudah dibuktikan dengan beberapa hasil sertifikasi.
Playgroup Anak Cendekia yang memiliki banyak program dalam hal perkembangan pribadi anak menjadi lebih baik. Sehingga dengan penerapan belajar sejak dini, anak akan menjadi pribadi yang bermanfaat saat mereka sudah besar nantinya. Oleh karena itu, tujuan orangtua akan selaras dengan tujuan pendidikan playgroup Anak Cendekia.

Artikel Terkait :  Referensi TK Di Yogyakarta, Pendidikan Karakter Anak Pilihan Orang Tua