Blog Cendekia

Program Pendidikan TK Anak Cendekia Yang Menjadi Unggulan

Pendidikan memang harus diberikan kepada anak sejak usia dini. Pentingnya pendidikan di usia dini dapat membuat anak lebih banyak mengenal pendidikan dan berbaur dengan lingkungan sekitarnya. Program pendidikan tk anak cendekia menjawab semua solusi orang tua dalam hal pendidikan anak usia dini. Simaklah penjelasan berikut :

1. Wajib Menghafal Asmaul Husna

Sejak dini anak harus mampu dalam menghafal nama-nama Allah. Selain melatih otak anak untuk mengingat dan menghafal. Anak akan lebih banyak tau mengetahui arti dari asmaul husna itu sendiri.

2. Membaca Dan Menulis Al-Quran Dengan Metode Kibar

Dengan metode kibar anak dikelompokkan sesuai dengan perkembangan anak dalam menghafal dan membaca al-quran. Metode kibar dapat membuat anak lebih fasih dalam membaca al-quran dengan baik dan benar.

3. Adanya Kegiatan Manasik Haji

Proses manasik haji untuk anak pada usia dini ini dapat membantu melatih anak melaksanakan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya yang benar. Selain itu, manasik haji juga dapat meningkatkan pendidikan anak pada pelajaran agama islam.

4. Bersedekah

Melakukan sedekah pada hari jumat setiap harinya. Bersedekah mengajarkan anak untuk lebih mengenal kondisi sekitarnya. Mengajarkan anak menjadi orang yang dermawan, rendah hati dan peduli terhadap sesamanya.

5. Berkunjung ke Panti Asuhan

Anak diajak untuk mengunjungi panti asuhan. Dengan ini pemahaman anak akan lebih bertambah dalam mengajarkan anak bagaimana rasa bersyukur dan hidup tidak berlebihan. Selama berkunjung ke panti asuhan, anak dianjurkan untuk membawa barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi.

6. Mengadakan Family Gathering

Dalam kegiatan family gathering, akan lebih membuat anak merasa lebih nyaman dan menjalin silaturahmi dengan baik. Dalam pelaksaannya ada berbagai acara yang dapat anak lakukan seperti adanya hiburan bersama, makan bersama, dan kegiatan lainnya.

Artikel Terkait :  Playgroup di Yogyakarta Yang Bagus Dan Terjangkau

7. Mengadakan Field Trip

Dalam kegiatan field trip ini, anak akan diajak mengunjungi tempat-tempat yang bersejarah dan tentunya menambah pengetahuan anak. Jika anak diajak mengunjungi museum, anak akan melihat langsung wajah tokoh-tokoh pahlawan dan dokumen penting pada masa sejarah.

8. Melaksanakan Market Day

Adanya kegiatan market day membuat anak lebih mandiri dan menumbuhkan rasa percaya diri. Kegiatan ini juga dapat menjaga hubungan antar sesama lingkungan sekolah. Memberi wawasan kepada anak bagaimana menjalankan profesi yang baik dan bersungguh-sungguh.

9. Adanya kegiatan Konseling Psikologi

Kegiatan konseling psikologi dapat membantu anak dalam membentuk kepribadiannya, mengajarkan anak rasa bertanggung jawab, melatih kreativitas anak, dan mengembangkan keterampilan yang dimiliki anak. Adanya kegiatan ini anak akan lebih terorganisasi dan terstruktur.

10. Mengadakan Pemeriksaan Kesehatan

Kegiatan ini dapat membantu kesehatan anak lebih terjaga. Selain mengadakan pemeriksaan kesehatan, anak juga akan diberi vitamin dan suntik untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit maupun dari virus dan bakteri.

11. Mengadakan Kegiatan Parenting

Dalam kegiatan parenting, akan menjalin hubungan antara anak dan lingkungan sekolah maupun orangtuanya dengan baik. Kegiatan ini mengajarkan anak bagaimana seharusnya sikap anak dalam mengambil keputusan dan membuat anak berpikir secara logis.

12. Belajar Bahasa Arab

Yang menjadi salah satu program pendidikan tk anak cendekia yaitu mengajarkan anak untuk mengenal bahasa arab, mempelajarinya serta mencoba menggunakan bahasa arab selama pelajaran dan mampu berkomunikasi dengan teman menggunakan bahasa arab.

13. Membentuk Perilaku Atau Akhlak

Di dalam pendidikan sangat penting untuk membentuk perilaku anak. Dalam hal membentuk perilaku anak tk anak cendekia memberikan banyak hal yang berpengaruh terhadap perilaku anak dan bersifat positif. Mengajarkan anak bagaimana adab bersama orang tua, guru,dan teman bermainnya.

Artikel Terkait :  Materi Pendidikan Di Playgroup Anak Cendekia Yang Menghasilkan Generasi Unggulan

14. Menghafal Surat Pendek

Kegiatan menghafal surat pendek ini bertujuan untuk mewujudkan anak yang mampu menghafal dan membuat hafalan surat pendek anak semakin banyak yang diketahuinya. Kegiatan ini juga berdampak positif untuk membuat anak lebih fasih lagi dalam membaca al-quran.

15. Menjadikan Anak Sholeh Dan Sholeha

Program pendidikan tk anak cendekia yang paling utama yaitu dalam menjadikan anak yang sholeh dan sholeha. Karena nanti nya anak yang sholeh maupun sholeha akan lebih banyak mengenal ilmu tauhid dan akan membawanya dalam hal kebaikan.
Demikian lah info mengenai program pendidikan tk anak cendekia. Jika memiliki anak sesuai dengan kelompok diatas dan berdomisili di kota Bantul, Yogyakarta dapat mengajak anak untuk memulai pendidikan pada usia dini di tk anak cendekia.